Apa yang perlu diperhatikan dari
pemasaran produk/jasa Perbankan?
Kita tentunya telah mengenal
Marketing Mix, yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P: Product, Price,
Promotion dan Place. Untuk perusahaan Jasa ditambah 2 P lagi, yaitu: People dan
Process. Bagaimana penerapan bauran pemasaran pada pada produk dan jasa Bank?
Serta apakah yang disebut dengan Triangle Marketing?
Dari berbagai sumber bacaan, dari
seminar, mengikuti pelatihan, saya akan mencoba menjelaskan dan sharing tentang
hal di atas.
- Penerapan Bauran Pemasaran pada Produk dan Jasa Bank
Pembahasan penerapan bauran
pemasaran pada produk dan jasa perbankan dapat dilihat sebagai berikut:
- Product. Yang penting diperhatikan dalam desain dan produk jasa Bank adalah atribut yang menyertai, seperti : sistem, prosedur dan pelayanannya. Desain produk dan jasa Bank juga memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan ukuran bentuk, dan kualitas.
- Price. Pengertian harga dalam produk dan jasa Bank, berupa kontra prestasi dalam bentuk suku bunga, baik untuk produk simpanan maupun pinjaman, serta fee untuk jasa-jasa perbankan.
- Promotion. Kegiatan promosi pada produk dan jasa Bank pada umumnya dilakukan melalui iklan di media masa, atau televisi. Konsep kegiatan promosi secara menyeluruh meliputi advertising, sales promotion, public relation, sales trainning, marketing research & development.
- Place. Atau disebut juga saluran distribusi. Saluran distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi, saluran distribusi dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.
- People. Ciri bisnis bank adalah dominan nya unsur personal approach, baik dari jajaran front office, back office sampai tingkat manajerial. Para pekerja Bank dituntut untuk melayani nasabah secara optimal.
- Process. Meliputi sistem dan prosedur, termasuk persyaratan ataupun ketentuan yang diberlakukan oleh Bank terhadap produk dan jasa Bank. Sistem dan prosedur akan merefleksikan penilaian, apakah pelayanan cepat atau lambat. Pada umumnya nasabah lebih menyenangi proses yang cepat, walaupun bagi Bank akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi. Penggunaan teknologi yang tepat guna serta kreativitas yang prima diperlukan, untuk suatu proses yang cepat namun aman.
2. Pemasaran produk dan jasa Bank
menggunakan Triangle Marketing.
Di dalam memasarkan produk dan jasa
Bank, maka Bank berusaha memuaskan nasabahnya, agar tidak berpaling pada
pesaing. Di dalam konsep pemasaran produk dan jasa perbankan, dikenal istilah
Triangle Marketing, yaitu meliputi berbagai kegiatan pemasaran, yang satu dan
lainnya saling berinteraksi secara optimal.
Kegiatan pemasaran yang saling
berinteraksi digolongkan menjadi tiga, yaitu:
- Internal Marketing (IM)
- Eksternal Marketing (EM) dan
- Interactive Marketing (ITM)
Internal Marketing adalah garis yang
menghubungkan antara employee dan Bank. Agar bisa memasarkan produk Bank, maka
Bank tidak boleh melupakan para karyawannya, mereka harus diberikan sosialisasi
tentang produk dan jasa Bank apa saja yang dapat dipasarkan kepada nasabah.
Dengan demikian para karyawan dapat memahami semua produk dan jasa yang
ditawarkan Bank nya, dan dapat membantu memberikan informasi kepada nasabah
jika diperlukan.
Eksternal Marketing adalah garis
yang menghubungkan antara nasabah dengan Bank. Hubungan langsung antara nasabah
dan Bank pada umumnya melalui petugas front office atau Customer Service.
Disini petugas front office akan berusaha memberikan penjelasan tentang prosuk
dan jasa Bank secara terinci. Berhasil tidaknya nasabah membeli produk dan jasa
bank, akan sangat dipengaruhi dari hasil pelayanan petugas yang berada di
jajaran front office.
Interactive Marketing, adalah garis
yang menghubungan antara employee dan customer (nasabah). Disini employee atau
karyawan, harus memahami produk dan jasa Bank nya, agar dapat ikut serta
membantu program pemasaran, dan menjelaskan dengan menarik dan benar bila ada
pihak luar atau nasabah yang ingin mengetahui produk dan jasa Bank di tempat
karyawan tadi bekerja. Bayangkan apabila seorang nasabah ingin mencoba produk
dan jasa Bank, dan bertanya pada karyawan yang bekerja di Bank tersebut, namun
karyawan tersebut malah memberikan efek yang negatif, tentu nasabah tidak akan
membeli produk dan jasa Bank di Bank tersebut.
3. Pemasaran berbasis lingkungan
Pemasaran berbasis hubungan, tidak
hanya memperlama jangka waktu nasabah dalam berhubungan dengan Bank, namun juga
memperbesar aset nasabah yang ditanamkan pada Bank yang bersangkutan.
Persaingan yang makin ketat dalam
pemasaran produk dan jasa perbankan, perlu fokus upaya pemasaran dengan tujuan
untuk mempertahankan nasabah lama, melakukan cross selling (penjualan silang),
untuk mendapatkan tambahan aset yang ditanamkan pada bank.
Ketiga konsep tersebut merupakan
satu kesatuan yang tidak dapat berdiri sendiri, dan saling terkait antara satu
dan lainnya, agar terjadi layanan prima untuk mencapai tujuan dalam
mempertahankan dan menarik para nasabah.
pemasaran itu penting untuk memperkenalkan produk baru .
BalasHapusdalam pemasaran 4 P itu sangat penting,
BalasHapuskarena akan menunjang keberhasilan produk yg di jual,
kunci dasar dalam pemasaran adalah komunikasi. semakin kita pintar dalam komunikasi dengan banyak orang, semakin kita menguasai konsep dari pemasaran.
BalasHapuspemasaran yg digunakan dalam manaemen adalah untuk memproduksikan suatu barang
BalasHapusmanajemen pemasaran tersebut sangat tepat untuk menjadi perusahaan yang maju ..
BalasHapusmanajemen pemasaran sangat diperlukan untuk memasarkan dan mempromosikan produk kita kepada pihak pembeli
BalasHapuspemasaran akan berkembang baik bila ada jual beli yang efektif
BalasHapussaya sangat paham apa isi artikel ini...
BalasHapusmanajemen ini digunakan untuk studi mengenai kecenderungan bisnis.
BalasHapussaya setuju dengan saran Ibnu dalam pemasaran sangat di perlukan 4p..
BalasHapussistem pemasaran sangat penting untuk memperkenalkan produk-produk baru.
BalasHapusdengan danya pemasaran dapat mempermudah penjulan kepada konsumen untuk memperkenalkan produk
BalasHapuspemasaran sangat baik untuk memproduksikan sebuah produk baru ...
BalasHapuskunci dasar dalam pemasaran adalah komunikasi. semakin kita pintar dalam komunikasi dengan banyak orang, semakin kita menguasai konsep dari pemasaran.
BalasHapusmarketing mix yang saya tau hanya ada 4 yaitu price, place, product, promotion . dari artikel ini dalam bank dibutuh kan 2 marketing mix lagi yaitu person and procces . thx infonya :)
BalasHapusmemaksimalkan manajemen pemasran dengan mengimplentasikan strategi pemasaran ke dalamnya
BalasHapusadalah sebuah dasar dari ilmu manajemen
BalasHapusperbankan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan semua jaringan ya baik secara nasional maupun internasional
BalasHapus