Kamis, 26 Januari 2012

Pentingnya Manajemen Keuangan

dikutip dari www.anneahira.com/artikel-umum/manajemen-keuangan.html

Tujuan berbisnis adalah menghasilkan uang atau memaksimumkan laba. Namun , bagaimana bila usaha yang kita jalankan tidak pernah mendapatkan keuntungan ? tentunya kita perlu mengetahui dengan baik masalah manjemen keuangan.

Manajemen keuangan merupakan salah satu bidang manajemen fungsional dalam suatu perusahaan, yang mempelajari tentang penggunaan dana, memperoleh dana dan pembagian hasil operasi perusahaan.
Adapun tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi : keputusan tentang investasi , pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian diveden suatu perusahaan ( Weston dan Copeland 1992:2 ). Masalah dalam keuangan bisa dihadapi adalah pendanaan, biaya ( promosi dan pembelian ) , penjualan , keuntungan , piutang, dan investasi.

Dalam memulai bisnis , berbagai ide biasanya muncul. Namun, ide-ide usaha itu terkadang terbentur dengan pendanaan. karena itu rahasia sukses dalam manajemen keuangan adalah masalah pendanaan. Beberapa pertanyaan yang akan timbul adalah dimana kita bisa mendapatkan dana ? Kemudian bagaimana cara kita mendapatkannya ? Bagaimana keuntungan dan kerugiannya masing-masing ?


Rahasia sukses terkait manajemen keuangan adalah mendapatkan pendanaan dengan memilih sumber permodalan yang tepat. salah satunya dengan hutang, yang kedua adalah ekuiti alias penyertaan modal.
Untuk memilih antara ekuiti dan hutang adalah dengan memperoleh sumber dana yang tepat. Misalnya kita memilih sebuah Bank yang term of credit-nya mudah. Jika kita memilih ekuiti, maka pilihlah sumber dana (Bank) yang persyaratannya tidak memberatkan. Untuk itu diperlukan kreatifitas dan networking yang baik untuk memperoleh sumber dana yang tepat.

Penunjang keberhasilan manajemen keuangan dengan cara ini adalah persiapan yang matang. Proposal bisnis dan studi kelayakan mesti dipersiapkan dengan prima. Sehingga investor maupun kreditor tertarik menyalurkan uangnya untuk kita, dan kita pun yakin akan prospek bisnis kita. Bila kita memilih sumber dana berupa hutang, berarti sanggup menanggung resiko. Namun, ekuitas pun memliki kekurangan yaitu kita harus siap berbagi baik hasil maupun operasional. Secara prinsip antara hutang dan ekuiti sama, yaitu kita harus mampu mengelola manajemen keuangan yang kita dapatkan.

13 komentar:

  1. manajemen keuangan sangat dibutukannya kerja sama,kejujuran,tanggung jawab,dan kedisplinan

    BalasHapus
  2. manajmene keuangan harus memiliki seorang manjer ynag jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaanya

    BalasHapus
  3. di dalam diri seorang menejer keungan harus memiliki rasa jujur,
    karena rasa jujur itu penting,
    kalo tidak pny bisa-bisa uang perusahaan selalu di korupsi,

    BalasHapus
  4. di dalam dunia kerja manajemen keuangan, hanya dibutuhkan seseorang yang tidak banyak berbicara melainkan ketelitian dalam mengatur segala sesuatu yang mengenai tentang keadministrasian

    BalasHapus
  5. manajemen keuangan sangat penting sekali di dalam perusahaan . agar perusahaan tersebut bisa tetap bertahan

    BalasHapus
  6. di dalam manajemen keuagan dibutuhkan orang-orang yang jujur dan bertanggung jawab untuk dipercaya mengelola uang perusahaan

    BalasHapus
  7. menajemen keuangan pun harus lebih teliti dan bertanggung jawa besar

    BalasHapus
  8. yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.

    BalasHapus
  9. Keuangan akan selalu di butuhkan oleh orang banyak jadi jangan menyesal kalo anda akan mengambil manajemen keuangan. sukses.

    BalasHapus
  10. manajemen keuangan peran yang sangat penting pada setiap perusahaan, karena dengan adanya manajemen keuangan, perusahaan dapat tau apakah perusahaan tersebut memiliki kerugian atau tidak :p

    BalasHapus
  11. pentingnya manajemen keuangan tidak hanya dalam perusahaan namun pada diri kita sendiri perlu adanya manajemen keungan

    BalasHapus
  12. pandangan tentang keuangan harus didedifikasikan lebih menyeluruh agar dapat tercapai sepenuhnya

    BalasHapus