Kamis, 26 Januari 2012

Fungsi Manajemen

Dikutip dari www.kosmaext2010.com/makalah-manajemen-pengertian-bagian-dan-fungsi-manajemen.php

Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan di. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa mempedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

Perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

Fungsi kedua adalah pengorganisasian atau organizing. Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

Pengarahan atau directing adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).

Pengevaluasian atau evaluating dalah proses pengawasan dan pengendalian performa perusahaan untuk memastikan bahwa jalannya perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Seorang manajer dituntut untuk menemukan masalah yang ada dalam operasional perusahaan kemudian memcahkannya sebelum masalah itu menjadi semakin besar.

Kesimpulan : 

Kemampuan manajemen waktu merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Terdapat suatu gaya kepemimpinan (leadership style) yang mengarah kepada pembentukan organisasi berkinerja tinggi. Inti dari kepemimpinan seperti ini adalah adanya suatu proses coaching, counseling, dan empowerment kepada para bawahan atau sumber daya manusia di dalam organisasi. Satu aspek lain yang sangat penting dalam gaya kepemimpinan adalah, sikap followership, atau menjadi pengikut.

17 komentar:

  1. fungsi fungsi di atas sangat berguna untuk berlangsungnya suatu manajemen yang baik

    BalasHapus
  2. Kemampuan manajemen waktu merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Terdapat suatu gaya kepemimpinan (leadership style) yang mengarah kepada pembentukan organisasi berkinerja tinggi.
    ini lah poin yg sangat penting dari fungsi manajemen.

    BalasHapus
  3. fungsi manajemen ini tidaklah hanya berlaku untuk seorang pemimpin saja, tetapi untuk setiap orang yang memiliki sifat dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.

    BalasHapus
  4. saya sudah mengetahui dengan jelas fungsi manajemen setelah membaca artikel ini

    BalasHapus
  5. di dalam manajemen pati mengalami kesulitan -kesulitan yang banyak .dengan adanya fungsi manajemen tersebut bisa membantu kesulitan yang dihadapi di dalam perusahaan

    BalasHapus
  6. manajemen itu sangat diperlukan dalam suatu perusahaan

    BalasHapus
  7. manajeman akan berjalan dengan baik bila fungsinya digunakan dan prusahaan akan lebih maju dan efektif perkembangannya

    BalasHapus
  8. Jadi elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan...

    BalasHapus
  9. fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling).

    BalasHapus
  10. Fungsi Manajemen sangat berguna dalam menjalankan bisnis.

    BalasHapus
  11. fungsi manajemen sangat mendukung berjalannya sutu perusahaan.

    BalasHapus
  12. sebuah manajemen sangat berperan daLam sebuah perusahaan ....

    BalasHapus
  13. fungsi manajemen sebagai sarana untuk berbisnis

    BalasHapus
  14. Kemampuan manajemen waktu merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Terdapat suatu gaya kepemimpinan (leadership style) yang mengarah kepada pembentukan organisasi berkinerja tinggi.
    ini lah poin yg sangat penting dari fungsi manajemen.

    BalasHapus
  15. Fungsi dari manajemen itu sendiri sebagai elemen" suatu dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan.

    BalasHapus
  16. fungi manajemen dari artikel ini harus di baca oleh para calon pemimpin agar mengerti dalam mengelola perusahaan

    BalasHapus
  17. dasar manejemen sangat lah banyak sekali sehingga kalau mau dikaitkan antara manejemen dengan filsafat kuno saling berhubungan satu sama lain

    BalasHapus