Kamis, 26 Januari 2012

Manajemen Pemasaran Produk Bank

dikutip dari edratna.wordpress.com/2007/09/05/apa-yang-perlu-diperhatikan-dari-pemasaran--produkjasa-perbankan/

Apa yang perlu diperhatikan dari pemasaran produk/jasa Perbankan? 

Kita tentunya telah mengenal Marketing Mix, yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P: Product, Price, Promotion dan Place. Untuk perusahaan Jasa ditambah 2 P lagi, yaitu: People dan Process. Bagaimana penerapan bauran pemasaran pada pada produk dan jasa Bank? Serta apakah yang disebut dengan Triangle Marketing?

Dari berbagai sumber bacaan, dari seminar, mengikuti pelatihan, saya akan mencoba menjelaskan dan sharing tentang hal di atas.
  1.  Penerapan Bauran Pemasaran pada Produk dan Jasa Bank
Pembahasan penerapan bauran pemasaran pada produk dan jasa perbankan dapat dilihat sebagai berikut:
  • Product. Yang penting diperhatikan dalam desain dan produk jasa Bank adalah atribut yang menyertai, seperti : sistem, prosedur dan pelayanannya. Desain produk dan jasa Bank juga memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan ukuran bentuk, dan kualitas.
  • Price. Pengertian harga dalam produk dan jasa Bank, berupa kontra prestasi dalam bentuk suku bunga, baik untuk produk simpanan maupun pinjaman, serta fee untuk jasa-jasa perbankan.
  • Promotion. Kegiatan promosi pada produk dan jasa Bank pada umumnya dilakukan melalui iklan di media masa, atau televisi. Konsep kegiatan promosi secara menyeluruh meliputi advertising, sales promotion, public relation, sales trainning, marketing research & development.
  • Place. Atau disebut juga saluran distribusi. Saluran distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi, saluran distribusi dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.
  • People. Ciri bisnis bank adalah dominan nya unsur personal approach, baik dari jajaran front office, back office sampai tingkat manajerial. Para pekerja Bank dituntut untuk melayani nasabah secara optimal.
  • Process. Meliputi sistem dan prosedur, termasuk persyaratan ataupun ketentuan yang diberlakukan oleh Bank terhadap produk dan jasa Bank. Sistem dan prosedur akan merefleksikan penilaian, apakah pelayanan cepat atau lambat. Pada umumnya nasabah lebih menyenangi proses yang cepat, walaupun bagi Bank akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi. Penggunaan teknologi yang tepat guna serta kreativitas yang prima diperlukan, untuk suatu proses yang cepat namun aman.
     2. Pemasaran produk dan jasa Bank menggunakan Triangle Marketing.

Di dalam memasarkan produk dan jasa Bank, maka Bank berusaha memuaskan nasabahnya, agar tidak berpaling pada pesaing. Di dalam konsep pemasaran produk dan jasa perbankan, dikenal istilah Triangle Marketing, yaitu meliputi berbagai kegiatan pemasaran, yang satu dan lainnya saling berinteraksi secara optimal.

Kegiatan pemasaran yang saling berinteraksi digolongkan menjadi tiga, yaitu:
  • Internal Marketing (IM)
  • Eksternal Marketing (EM) dan
  • Interactive Marketing (ITM)
Internal Marketing adalah garis yang menghubungkan antara employee dan Bank. Agar bisa memasarkan produk Bank, maka Bank tidak boleh melupakan para karyawannya, mereka harus diberikan sosialisasi tentang produk dan jasa Bank apa saja yang dapat dipasarkan kepada nasabah. Dengan demikian para karyawan dapat memahami semua produk dan jasa yang ditawarkan Bank nya, dan dapat membantu memberikan informasi kepada nasabah jika diperlukan.

Eksternal Marketing adalah garis yang menghubungkan antara nasabah dengan Bank. Hubungan langsung antara nasabah dan Bank pada umumnya melalui petugas front office atau Customer Service. Disini petugas front office akan berusaha memberikan penjelasan tentang prosuk dan jasa Bank secara terinci. Berhasil tidaknya nasabah membeli produk dan jasa bank, akan sangat dipengaruhi dari hasil pelayanan petugas yang berada di jajaran front office.

Interactive Marketing, adalah garis yang menghubungan antara employee dan customer (nasabah). Disini employee atau karyawan, harus memahami produk dan jasa Bank nya, agar dapat ikut serta membantu program pemasaran, dan menjelaskan dengan menarik dan benar bila ada pihak luar atau nasabah yang ingin mengetahui produk dan jasa Bank di tempat karyawan tadi bekerja. Bayangkan apabila seorang nasabah ingin mencoba produk dan jasa Bank, dan bertanya pada karyawan yang bekerja di Bank tersebut, namun karyawan tersebut malah memberikan efek yang negatif, tentu nasabah tidak akan membeli produk dan jasa Bank di Bank tersebut.

      3. Pemasaran berbasis lingkungan

Pemasaran berbasis hubungan, tidak hanya memperlama jangka waktu nasabah dalam berhubungan dengan Bank, namun juga memperbesar aset nasabah yang ditanamkan pada Bank yang bersangkutan.

Persaingan yang makin ketat dalam pemasaran produk dan jasa perbankan, perlu fokus upaya pemasaran dengan tujuan untuk mempertahankan nasabah lama, melakukan cross selling (penjualan silang), untuk mendapatkan tambahan aset yang ditanamkan pada bank.

Ketiga konsep tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat berdiri sendiri, dan saling terkait antara satu dan lainnya, agar terjadi layanan prima untuk mencapai tujuan dalam mempertahankan dan menarik para nasabah.

19 komentar:

  1. pemasaran itu penting untuk memperkenalkan produk baru .

    BalasHapus
  2. dalam pemasaran 4 P itu sangat penting,
    karena akan menunjang keberhasilan produk yg di jual,

    BalasHapus
  3. kunci dasar dalam pemasaran adalah komunikasi. semakin kita pintar dalam komunikasi dengan banyak orang, semakin kita menguasai konsep dari pemasaran.

    BalasHapus
  4. pemasaran yg digunakan dalam manaemen adalah untuk memproduksikan suatu barang

    BalasHapus
  5. manajemen pemasaran tersebut sangat tepat untuk menjadi perusahaan yang maju ..

    BalasHapus
  6. manajemen pemasaran sangat diperlukan untuk memasarkan dan mempromosikan produk kita kepada pihak pembeli

    BalasHapus
  7. pemasaran akan berkembang baik bila ada jual beli yang efektif

    BalasHapus
  8. saya sangat paham apa isi artikel ini...

    BalasHapus
  9. manajemen ini digunakan untuk studi mengenai kecenderungan bisnis.

    BalasHapus
  10. saya setuju dengan saran Ibnu dalam pemasaran sangat di perlukan 4p..

    BalasHapus
  11. sistem pemasaran sangat penting untuk memperkenalkan produk-produk baru.

    BalasHapus
  12. dengan danya pemasaran dapat mempermudah penjulan kepada konsumen untuk memperkenalkan produk

    BalasHapus
  13. pemasaran sangat baik untuk memproduksikan sebuah produk baru ...

    BalasHapus
  14. kunci dasar dalam pemasaran adalah komunikasi. semakin kita pintar dalam komunikasi dengan banyak orang, semakin kita menguasai konsep dari pemasaran.

    BalasHapus
  15. manajemen pemasaran produk memang dibutuhkan oleh suatu bank, karena hal ini dapat meningkatkan nama dari bank itu sendiri dan meningkatkan tingkat penjualan dari bank itu sendiri...

    BalasHapus
  16. marketing mix yang saya tau hanya ada 4 yaitu price, place, product, promotion . dari artikel ini dalam bank dibutuh kan 2 marketing mix lagi yaitu person and procces . thx infonya :)

    BalasHapus
  17. memaksimalkan manajemen pemasran dengan mengimplentasikan strategi pemasaran ke dalamnya

    BalasHapus
  18. adalah sebuah dasar dari ilmu manajemen

    BalasHapus
  19. perbankan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan semua jaringan ya baik secara nasional maupun internasional

    BalasHapus